Saturday, January 26, 2008
Hasil Begadangan :)
udah ah nangis2an arema-nya.. masih ada psms yang minta dibobol gawangnya.. doakeun nyak.. :)


Baidewai, eniwai buswai..

Saya semalem begadang lho, sampe jam setengah dua. nggak ada angin nggak ada ujan, cuma lagi kepengeeeeen banget bikin JCC, seperti tren jaman sekarang (cailah..) Tau dong, saya nggak bisa bikin kuweh, tapi nekad! Namanya juga pengen bisa, pasti dari nggak bisa dulu kan? Apalagi Ayana menyemangati dengan nyanyi lagu padamu negri sepanjang proses bikinnya. Searching sana sini, langsung praktek deh.. Udah gitu, Ayana juga bela-belain bacain step by stepnya langsung dari leptop, secara kami nggak punya printer. Hahaha... Dan hasilnya,,



taraaaa.. ding deng jreeeeeng..







Auuwwwh, saya terharu bow! Rasanya persis seperti cheesecake yang dijuwal-juwal itu. Berarti saya bisa dong bikin cheesecake? Padahal cuma bikin setengah resep, takut nggak jadi ato nggak enak. Tapi ternyata, nggak sampe 10 menit dah tinggal setengah loyang. Halah, Ayana ketagihan chizkeik niih.. Gaswat, bisa2 minta dibuatin lagi deh..




Terimakasih pada Allah SWT Yang Maha Baik, juga untuk semua pihak yang telah membantu saya secara langsung dan tidak langsung, untuk MaKi dan Ibu Kei buat contekan resep dan jurus mautnya, Buat Ayana juga! Terimakasih ya... Dan keberhasilan ini saya persembahkan untuk anda semua.. Hahahahahahaha!


Japanese Style Cheesecake
*yang saya kurungin [begini] itu yang saya bikin semalem :)

Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu [30 gr tepung terigu kunci biru]

50 gr tepung maizena [30 gr maizena honig]

Bahan:
60 gr mentega tawar
[3 pak kecil orchid unsalted butter @ 10 gr]
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
[125 gr Riverina Fresh cream cheese]
120 ml whip cream
[60 ml anchor whipping cream]
5 kuning telur
[3 kuning telur ukuran kecil]
5 putih telur
[2 1/2 putih telur]
parutan kulit jeruk lemon dari 1 buah jeruk lemon
[saya nggak pake :)]
1/8 sdt garam
[kelupaan, jadi gak pake juga..]
125 gr gula halus
[90 gr gula kastor]
1 sdt air jeruk lemon
[1 1/2 sdm air jeruk lemon]

Cara Membuatnya:
Siapkan loyang, alasi kertas roti. [nggak punya kertas roti, jadi no alas.]

Pasang oven 150 derajat Celsius, masukkan alas loyang yang diisi air panas. [Saya sedia supply air panas dari dispenser, kira2 empat kali nambahin asupan air ke loyang bawahnya.]

Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api. Diamkan sampe uapnya hilang.

Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata. [pas kuning telur udah masuk, ngaduknya jadi geli.. abis jadi kayak permen karet gitu.. terus kalis banget..]

Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan. [Saya gak pake..]

Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak). [Nah ini dia insiden terjadi, pas kocok putih telur keasyikan liatin softpeaknya udah ada apa belum , jadi kelupaan masukin gulanya.. huwaaa.. takut gak jadi, akhirnya diulang aja, pecahin putih telor lagi.. Hari ini sarapan telur dadar pake kuning telur sisa deh... hahahah..]

Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven. [Di oven listrik saya pas 75 menit, suhunya saya ubah2in sekitar 90 sampe 125 derajat celcius]

Toppingnya pake 12 buah strawberry, 5 sdm gula pasir, 2 sdm air, diblender.


Asem, manis, ngeju.. sedaaaap!



*hari ini bikin kue apa lagi ya? semangat mode on*


Labels: ,

posted by intanariestya at 12:22 PM | Permalink |


7 Comments:


  • At 1:07 PM, Anonymous nyam

    intaaaannn

    coba yaaa...kuwehnya ndak dibagi-bagi

    tegaaaaaaa  
  • At 9:53 AM, OpenID chefwannabe

    horeeee 1 kutu teracuni virus bikin kue! hahaha.... ayo2 dicoba resep2 yang lain trus bikin obyekan jualan kue, hihihih...  
  • At 10:42 AM, Blogger cie

    sepertinya enak...
    tapi gw ga suka bikin kue
    males
    prasaan
    kerjanya repot
    hasilnya dikit
    hehehehe...:)
    btw
    lam kenal  
  • At 10:45 AM, Anonymous Dhona

    Intan bikin JCC ya? Aku mau bikin masih belum pede. Ngeliat Intan bikin jadi pengen bikin deh.

    Lagi semangat baking ya?  
  • At 12:24 PM, Blogger Evy

    huahhhh neng intan manteb bener deh
    langsung enak gitu huhuhu:p
    makin disayang misua deh:p

    ayo bkin yg laen trus bagi resep lagi:)  
  • At 4:03 PM, Anonymous ira i

    wow! ada yg enak2 niy!!  
  • At 8:20 AM, Blogger @untie_Santi

    Sipp dah...jadi kapan2 klo lg ke bandung, anty minta disuguhin JCC ya...keknya lezat bgt tuh keik...:)